Kamus Istilah Dengan Menggunakan Blog

Kamus istilah sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam menerjemahan jurnal-jurnal ilmiah menjadi bahasa Indonesia atau sebagai shortcut untuk mendapatkan pemahaman mengenai sebuah istilah.

Kamus istilah dapat berupa bentuk buku fisik maupun elektronik (web atau aplikasi). Untuk membuat sebuah kamus berbentuk web, ternyata dengan menggunakan platform wordpress maupun blogger. Cara ini terinspirasi dari website http://penelitihukum.org yang dikelola oleh Handa S. Abidin, S.H., LL.M., Ph.D.

Dengan mengelompokkan istilah dengan berdasarkan kategori huruf, maka kita dapat mulai menulis beberapa post yang berisi istilah lengkap dengan definisi atau terjemahannya. Dengan memanfaatkan fitur blog ini, maka sisi penggunaan dana pengembangan kamus istilah berbasis web akan lebih murah. Penggunaan platform blog diatas bebas biaya, kecuali pengguna ingin mengubah domain default yang merupakan sub domain dari domain penyedia layanan blog menjadi domain sendiri, misalnya blabala.org atau sebagaicontoh.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s