Mencoba Instropeksi Diri

Tahun 2013 ini tahun yang saya lewati untuk umur 23 tahun. Tidak terasa sudah melalui digit “2” dari angka awal umur saya. Banyak hal yang perlu diperbaiki dari diri saya, baik dari sisi agama, sikap dan perilaku, hingga kesehatan fisik. Rencana masa depan juga harus segera disusun, mengingat masa tua itu akan semakin dekat dan diiringi dengan kemampuan fisik yang semakin melemah. Jantung akan semakin lemah berpacu dan organ-organ lain juga rentan untuk mengalami kerusakan.
Artikel ini sebenarnya bersifat personal untuk mengingatkan saya akan sikap dan kebiasaan buruk yang ada dalam diri saya. Namun, mungkin dengan diterbitkannya artikel ini ke publik, mungkin jika suatu saat saya lupa dengan catatan di artikel ini, ada yang berbaik hati untuk mengingatkan. Artikel ini akan menjadi artikel ditulis secara kontinu, mengingat saya sebenarnya belum mengenal diri saya secara utuh.

Perilaku buruk yang harus ditinggalkan:

Lupa makan dan waktu ketika mengerjakan sesuatu. Ini yang paling sulit saya tinggalkan, terutama masalah makan atau tidur. Kata “sebentar” menjadi kata pamungkas untuk menunda hal ini. Sering bergumam dalam hati “sebentar, tanggung juga sedikit lagi selesai”, namun dari kenyataannya semuanya tertunda hingga beberapa jam.

Kalimat bijak yang harus diingat:

  1. Hidup harus penuh keseimbangan: beraktifitas, ibadah dan istirahat harus sesuai porsi masing-masing.
  2. Dalam mementukan keputusan, tulis terlebih dahulu pros dan kontra dari pilihan yang ada. Jangan terlalu lama mengambil keputusan, karena akan banyak pengaruh negatif yang akan muncul ketika keputusan tersebut tidak segera dieksekusi.

Leave a Reply

