“Alhamdulillah”, “Kata” Syukur Kepada Allah

Setiap detik kehidupan yang diberikan oleh Allah adalah rahmat yang patut kita syukuri, terlebih pada bulan Ramadhan seperti pada saat ini. Rahmat Allah itu tiada terkira, menghitung rahmat Allah sama artinya menghitung setiap butir pasir di samudra yang luas, bahkan lebih dari itu.

“Dan sekiranya kamu menghitung nikmat Allah, niscaya tidak dapat menghitungnya. Sesungguhnya Tuhan itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang.”
(Surah an-Nahl, ayat 18)

Kita tidak perlu selalu menyedekahkan uang untuk bersyukur, karena dengan mengucapkan kata “Alhamdulillah” dengan tulus ikhlas karena Allah, itu sudah merupakan bentuk pencerminan rasa syukur kita atas nikmat dan rahmat-Nya.

“Syukurlah terhadap nikmat Allah jika kamu sungguh-sungguh menyembah kepada Nya.” – (Surah an-Nahl, ayat 144).

Meski kita senantiasa bersyukur dan mengucapkan “Alhamdulillah”, dan kata “Alhamdulillah” yang sering saya dengar selama bulan Ramadhan dan Lebaran yaitu pada waktu-waktu sebagai berikut :

Adzan maghrib yang berkumandang, Alhamdulillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-11

Akhirnya adzan maghrib menjelang, “alhamdulillah” saatnya untuk berbuka puasa. Agar ibadah sholat maghrib lebih khusyuk, lebih baik untuk mengkonsumsi makanan dan minuman ringan terlebih dahulu. Setelah sholat maghrib selesai dilaksanakan, barulah dilanjutkan dengan mengkonsumsi makanan besar. Dan jangan lupa ucapkan lagi. Alhamdulillah atas limpahan karunia berupa makanan buka puasa yang lezat yang diberikan Allah tersebut.

Lailatulkadar, Malam Penuh Rahmat, Alhamdulillah Yah.

Malam Lailatulkadar adalah malam turunnya wahyu Allah yakni pada malam gasal bulan Puasa sesudah tanggal 20), yang apabila seseorang beramal kebaikan atau beribadah pada malam itu, maka pahalanya akan dilipatgandakan. Jika kita “mendapatkan” malam kemulian ini, sungguh “Alhamdulillah” sekali, lengkap sudah kebahagiaan kita dalam bulan Ramadhan ini.

Halalbihahal Setelah Bulan Ramadhan, Alhamdulillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-9

Saling maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa telah menjadi sebuah tradisi baik yang berkembang di Indonesia. Namun pada hakikatnya pelaksanaan halalbihalal, bukan hanya untuk sekedar menjalankan tradisi, tetapi juga sebagai “kebutuhan” untuk mempererat tali silahturahmi dan mensucikan diri dari kesalahan antara sesama manusia dengan saling memaafkan. Ucapkan Alhamdulillah pada Allah atas kesempatan sehingga dapat menjalankan ibadah halalbihalal sehingga dosa atas kesalahan antar umat manusia dapat lebih berkurang.

Acara Bukber Sukses, Alhamdulillah Yah.

Buka puasa bersama sering dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Tujuan acara buka puasa bersama bermadam-macam, seperti reunian, kopdar, atau berbagi dengan anak-anak panti asuhan atau jalanan. Namun, apapun tujuan dari buka puasa bersama ini, jika semuanya dapat berjalan dengan lancar, Alhamdulillah yah.

Mudik Lebaran, Alhamduillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-6

Momen ini sangat dinanti-nantikan oleh seseorang yang telah meninggalkan kampung halamannya untuk urusan kuliah, pekerjaan, dll. Arus transportasi menjadi sangat padat akibat banyaknya pemudik yang ingin berlebaran di kampung halamannya. Namun, banyak juga yang tidak bisa mudik lebaran lantaran urusan pekerjaan yang belum terselesaikan ataupun sebab-sebab lainnya. Oleh karena itu, bisa bermudik lebaran adalah sebuah anugrah yang patut disyukuri, setidaknya dengan mengucapkan Alhamdulillah.

Dakwah Islami di Bulan Ramadhan, Alhamdulillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-10

Dakwah Islami adalah penyiaran agama dan pengembangannya di kalangan masyarakat untuk memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama Islam. Dakwah biasanya berupa khotbah (memberi penerangan) tentang agama Islam. Baik yang mendengarkan maupun yang memberikan dakwah, sama-sama akan mendapatkan pahala. Manfaat lainnya, yaitu kita dapat mengetahui ajaran Islam secara baik dan mendalam. Alhamdulillah, jika kita selalu berada dalam komunitas yang selalu senang akan berdakwah atau mendengarkan dakwah Islam ini.

Uang THR lancar, Alhamdulillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-8

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah “uang bonus” yang sering diberikan pada saat menjelang hari raya idul fitri. Biasanya THR diberikan kepada pegawai negeri, swasta, atau buruh yang bernaung pada perusahaan tertentu. Namun, istilah THR meluas hingga “uang lebaran” yang diberikan kepada anak-anak juga dinamakan THR. Namun apapun namanya, “uang bonus” ini menjadi rezeki lebih untuk merayakan hari raya idul fitri. Tapi, untuk kali ini tidak cukup untuk mengucapkan “alhamduillah”, namun perlu untuk juga berbagi pada fakir-miskin atau orang-orang yang membutuhkan. Agar hari raya idul fitri menjadi hari bahagia bagi seluruh orang tanpa terkecuali. 😀

Lalulintas lancar, Alhamdulillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-4

Ketika lalu lintas yang biasanya macet total dan tiba-tiba menjadi ramai lancar, apa yang kita ucapkan? tentu “Alhamdulillah”. Lalulintas yang macet total tentu banyak menunda aktifiktas, terlebih menunda waktu berbuka puasa jika keadaan macet pada saat maghrib menjelang. Terlebih, pada saat mudik lebaran, lalu-lintas terkadang menjadi sangat macet. Untuk itu, kita perlu bersyukur jika lalu lintas menjadi lancar 😀

Ibadah POLL di Bulan Ramadhan, Alhamdulillah Yah.

Ibadah penuh pada saat bulan Ramadhan menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Kesehatan yang diberikan oleh Allah SWT, sangat amat berguna dalam menjalankan setiap ibadah di bulan Ramadhan. Pahala yang didapat pada bulan ramadhan adalah suatu rahmat yang memang tidak dapat dirasakan secara nyata pada saat ini. Namun, pahala ini digunakan untuk menyelamatkan kita pada hari akhir nanti. Ibadah POLL! Alhamdulillah yah.

Level Iman Meningkat, Alhamdulillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-5

Puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga harus dapat mengontrol hawa dan nafsu. Peningkatan intensitas ibadah menjadi tolak ukur kesuksesan dalam melewati bulan Ramadhan. Bagi yang ibadahnya semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya, Alhamdulillah Yah!

Libur Lebaran dan Puasa, Alhamdulillah Yah.

Bagi pegawai atau pelajar, liburan adalah hal yang dinanti-nanti. Bekerja pada saat awal Ramadhan atau pada saat lebaran sungguh sangat tidak mengenakkan. Tradisi keluarga di Indonesia yang biasanya menyambut hari pertama puasa dan lebarab dengan keluarga di rumah sulit untuk ditinggalkan. Jadi jika diberikan kesempatan libur? Ucapkan Alhamdulillah 😀

Al-Qur’an menjadi bacaan favorite, Alhamdulillah Yah.

Dan kami menurunkan Al Quran sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mumin. (QS. Al Isra/17: 82)

Membaca Al-Qur’an adalah salah bentuk ibadah umat muslim. Al-Qur’an adalah sumber pentunjuk tertulis yang menjadi pedoman umat muslim dalam menjalankan kehidupan. Membaca Al-Qur’an tentu akan mendapatkan pahala, terlebih jika Al-Qur’an menjadi suatu bacaan yang paling digemari, maka akan banyak pelimpahan angurah yang akan diberikan Allah kepada kita secara pribadi ataupun kehidupan seluruh umat manusia di bumi ini. Ucapkan Alhamdulillah, jika Anda sekalian adalah bagian dari orang yang mem-favorite-kan Al-Qur’an sebagai bacaan yang penuh manfaat.

Harga Sembako Stabil, Alhamdulillah Yah.

ngablogburit-blogdetik-7

Biasanya pada hari raya besar seperti bulan Ramadhan ataupun lebaran keadaan harga sembako menjadi semakin tidak stabil, semakin melonjak. Akibatnya pada bulan Ramadhan atau lebaran, bagi yang ekonominya pas-pasan harus rela untuk mengurangi jumlah belanjaan yang harus dibeli. Namun, jika harga sembako tetap stabil seperti biasanya, hal ini tidak perlu dilakukan, dan kita bisa berbelanja sembako sesuai kebutuhan biasanya, “Alhamdulillah Yah” jika ini terjadi.

Yang Terakhir : A-L-H-A-M-D-U-L-I-L-L-A-H!


Jika Lebaran Tiba, “Sesuatu” Gitu!! Alhamdulillah Yah.

Hari lebaran adalah hari kemenangan. Setelah melewati ujian menahan lapar, haus dan hawa nafsu, akhirnya tiba juga hari lebaran. Setelah hari lebaran, kita tidak perlu lagi untuk menahan lapar dan haus selama satu bulan penuh. Akhirnya, bisa “makan siang” lagi, Alhamdulillah. Hahahha 😀

Tulisan ini diikut sertakan dalam event ngaBLOGburit Blogdetik. (August 12, 2011)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s